Tutorial Corel Draw Menggambar Cangkir Tampak Realis

Tutorial Corel Draw Menggambar Cangkir Tampak Realis. Maksud realis disini adalah gambar tampak riil seperti aslinya atau seperti foto. Jadi umumnya tiap kali ada obyek seseorang yang melihat langsung bisa menilai kalau obyek itu ada gambaran (bukan foto). Kenapa begitu? karena memang untuk menggambar obyek tampak riil dibutuhkan efek – efek khusus seperti misalnya pencahayaan, dll.

Baiklah langsung saja ke pokok materi tentang bagaimana menggambar cangkir tersebut.

Video Tutorial Corel Draw Menggambar Cangkir Tampak Realis

Anda bisa melihat langkah – langkahnya di video yang telah kami siapkan atau membaca tutorial yang telah kami tulis di bawah video ini:

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=P4BjEDV4OL4[/embedyt]

Silahkan Subscribe dengan cara klik youtube diatas jika anda suka dengan apa yang kami sajikan kepada anda.

Tahapan Tutorial Corel Draw Menggambar Cangkir Tampak Realis

Step Tutorial Corel Draw Menggambar Cangkir Tampak Realis1. Buatlah lingkaran dengan cara klik Ellipse Tool Ellipse Tool, kemudian klik dan tahan di lembar kerja coreldraw. Arahkan ke area atau posisi yang anda suka.

Buatlah seperti contoh gambar 1, dan khusus untuk lingkaran yang bawah (cangkir), silahkan itu edit dengan cara di conver dulu dan gunakan Shape Tool untuk merubah bentuknya.

NB: Jika anda belum tahu bagaimana cara mengedit obyek atau garis silahkan baca cara mengedit garis atau obyek dalam corel draw.

2. Posisikan semua lingkaran seperti tampak pada contoh gambar.

3. Buatlah obyek baru di gagang cangkir dengan cara klik Smart Fill smart fill, selanjutnya klik gagang cangkir (saya beri tanda huruf A). Setelah selesai jangan klik yang lain. Langsung saja klik Pick Tool pick tool.

Klik Lingkaran gagang cangkir dan hapus dengan cara klik DELETE (Keyboard).

Pilih gagang cangkir hasil Smart Fill, pencet dan tahan SHIFT (Keyboard) kemudian klik cangkirnya. Tentunya sekarang ada dua obyek terpilih. Selanjutnya klik ikon Weld weld (berfungsi untuk menggabung 2 obyek atau lebih menjadi 1).

NB: Jika anda ingin tahu lebih detail bagaimana cara menggabungkan atau memotong obyek silahkan baca cara memotong menggabungkan obyek dalam corel draw.

4. Berilah warna cangkirnya. dan khusus untuk yang lingkaran atas berilah 3 warna dengan bentuk linear.

NB: Jika anda ingin tahu lebih detail tentang pewarnaan silahkan baca silahkan baca macam dan model pewarnaan di corel draw.

Selanjutnya buatlah garis pandu seperti tampak pada contoh gambar no 4.

5. Buatlah obyek baru dengan cara klik Smart Fill, selanjutnya klik setiap area kosong di dalam garis pandu yang barusan anda buat. Setelah selesai jangan klik yang lain. Langsung saja klik Pick Tool.

Hapus garis pandu anda karena sudah tidak digunakan lagi. Klik masing – masing obyek hasil smart fill dan berilah warna putih serta hilangkan warna garisserta convertlah masing – masing menjadi bitmap, dan berilah efek Gaussian Blur.

Berilah efek transparant di setiap obyek hasil gaussian blur.

NB: Jika anda ingin tahu bagaimana cara mengkonvert dan membuat blur silahkan baca mengkonvert obyek menjadi bitmap dan membuat buram atau blur. Dan untuk membuat obyek menjadi transparan lihat dan baca membuat obyek transparan dalam corel draw.

Step Terakhir Membuat Lepek Cangkir

6. Buatlah lingkaran dan berilah warna sesuai keinginan anda. Selanjutnya buatlah garis – garis pandu dan lingkaran sebagai panduan seperti dalam contoh gambar 6.

7. Buatlah obyek baru dengan cara klik Smart Fill, selanjutnya klik setiap area kosong di dalam garis pandu yang barusan anda buat. Setelah selesai jangan klik yang lain. Langsung saja klik Pick Tool.

Hapus garis pandu anda karena sudah tidak digunakan lagi. Klik masing – masing obyek hasil smart fill dan berilah warna putih serta hilangkan warna garisserta convertlah masing – masing menjadi bitmap, dan berilah efek Gaussian Blur.

8. Pilihlah semua obyek untuk lepek cangkir tersebut. Selanjutnya silahkan group (jadikan satu) dengan cara klik ikon group group.

Copy paste atau gandakan lepek tersebut lebih besar. Selanjutnya taruh hasil gandaan itu ke paling bawah.

NB: Jika anda ingin tahu cara memindah obyek ke bawah atau ke atas silahkan baca mengubah urutan obyek atas pindah bawah atau sebaliknya di corel draw.

(Visited 487 times, 4 visits today)

Tinggalkan komentar